Dampak Corona Bagi UMKM

Nama : M Gunawan Bin W
Kelas  : Manajemen
Nim    : 01219010

Dosen : Hj. I.G.A Aju Nitya Dharmani SE,MM
ayuraimanagement.blogspot.co.id 

Universitas : http://narotama.ac.id

Menurut saya, saat mengkhawatirkan kalau sekarang. Saat ini hampir semua UMKM sudah merugi, malah banyak yang sampai tutup gerainya akibat corona. Kerugian yang diderita rata-rata sudah sekitar 80 persen dan UMKM yang paling terdampak dari penyebaran virus corona ini antara lain fesyen, kerajinan tangan, jasa transportasi online, hingga kuliner. Permasalah utama saat ini adalah sulitnya penyerapan produk UMKM. Apalagi pemerintah melakukan imbauan untuk karantina diri atau jaga jarak sosial (social distancing). Menurut saya hal ini juga menjadi faktor sulitnya situasi UMKM.

Untuk itu masyarakat meminta pemerintah membuat insentif yang lebih tepat sasaran kepada UMKM. Contohnya, penundaan pembayaran kredit perbankan atau multifinance (leasing) selama beberapa bulan, hingga penundaan pembayaran listrik bagi UMKM juga.
"Situasinya sangat mengkhawatirkan dan harus ada insentif selain pembayaran bunga. Misalnya pajak enam bulan sampai satu tahun ditunda, penundaan pembayaran kredit perbankan dan leasing, listrik juga ditunda, ini yang lebih kena ke UMKM.

Teman - teman
Link blog.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Video Etika Bisnis

UAS ETIKA BISNIS

Contoh Perusahaan Modern Yang Masih Menerapkan Etika Dalam Bisnis